Menonton Sabung Ayam Dalam Kebudayan Agam Di bali

 

sabung ayam online

Pada hari pertama saya di Bali, saya mendengar tentang upacara keagamaan berlangsung di sebuah kuil tidak terlalu jauh dari tempat saya tinggal. Bali menjadi pulau intens spiritual dengan agama Hindu sebagai agama utama, upacara yang cukup banyak kejadian sehari-hari di sini. Tapi aku diberitahu bahwa ini akan menjadi kepentingan tertentu dengan sejumlah desa yang terlibat. Saat aku membuat perjalanan ke kuil, saya melihat kerumunan orang yang berdiri di depan pintu masuk, dalam lingkaran, yang tampaknya sangat gelisah. Mendapatkan sedikit lebih dekat aku menyadari bahwa ada sabung ayam terjadi. Ide menyaksikan itu tidak memiliki banyak daya tarik untuk saya sehingga saya cepat terus kuil untuk upacara. Tapi aku tertarik dengan ide sabung ayam di dekat seperti ke kuil Hindu. Saya memutuskan untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini bisa di dalam sabung ayam online.

Hari berikutnya saya diberitahu bahwa “tajen”, seperti sabung ayam disebut secara lokal, dilakukan untuk tujuan keagamaan seperti beberapa upacara memerlukan pengorbanan darah untuk mengusir atau menenangkan roh-roh jahat. Untuk itu, sabung ayam sering dilakukan di premis kuil. Saya juga belajar bahwa sejak tahun 1981, pemerintah Indonesia telah melarang mereka (baik untuk kekejaman terhadap hewan dan karena perjudian yang terkait dengannya) untuk tujuan non-agama. Menegakkan larangan ini pada “Pulau Dewata” bagaimanapun, adalah sebuah tantangan, karena ada candi di setiap rumah, kantor, desa, gunung, pantai, sawah, pemakaman di Bali … jadi apapun yang terjadi di pulau hampir selalu dapat mengklaim menjadi untuk tujuan keagamaan. Jadi polisi sebagian besar melihat ke arah lain.

Bepergian di sekitar pulau kemudian dalam seminggu dengan pendamping lokal, saya melihat anyaman bambu keranjang perumahan ayam jantan yang indah cukup banyak di mana-mana aku pergi. Aku mulai menyadari betapa adu ayam umum adalah di Bali. Pada hari terakhir saya, berkeliling berharap untuk menemukan salah satu prosesi yang sering penduduk setempat berbaris ke kuil, saya melihat sejumlah besar sepeda motor dan beberapa mobil yang diparkir di apa yang tampak seperti jalan buntu. Penasaran seperti apa yang terjadi, saya lagi menemukan diri di tengah-tengah sekelompok kecil orang rooting keras untuk burung favorit mereka. Meskipun saya jelas tidak membenarkan aktivitas, kali ini saya memutuskan untuk menonton dan memotret bagian yang kuat ini dari budaya Bali.

sabung ayam online

Langkah pertama untuk pemilik ayam (atau handler-nya) adalah untuk menemukan lawan yang cocok untuk berkelahi. Ketika ini diselesaikan, masing-masing ayam akan memiliki pisau tajam sekitar 4 inci, disebut “taji”, melekat pada salah satu tumit dengan tali panjang. “Senjata” ini akan membuat pertarungan yang relatif singkat tapi cukup berdarah. Tapi sebelum pertarungan dimulai, orang-orang di kerumunan berteriak yang burung mereka mendukung, dan berapa banyak mereka ingin bertaruh. Pemilik dari dua burung kemudian menempatkan mereka di tanah, menghadap satu sama lain. Sebagian besar waktu, ayam akan segera terbang pada satu sama lain dan untuk sesaat dua burung hampir menjadi satu karena semua yang dapat dilihat adalah massa dari bulu panik bergerak. Ini berlangsung sampai satu drive pukulan solid dengan taji-nya. Mereka yang kehilangan taruhan mereka kemudian memberikan uang mereka kepada penyelenggara sabung ayam sebelum putaran dimulai lagi. Pemilik ayam menang menang uang dan, sebagai bonus, sampai ke memasak bangkai burung kehilangan, yang sering dipetik di tempat itu.

Setelah menyaksikan beberapa putaran, aku kembali di jalan dan menemukan struktur yang terlihat seperti sebuah arena. Masuk, saya melihat adu ayam lagi tapi kali ini pada skala yang lebih megah. Ratusan orang yang ada (laki-laki saja, satu-satunya wanita lain saya melihat ada satu menjual minuman) dan suara yang dibuat oleh taruhan dan bersorak memekakkan telinga. Satu orang terutama menarik perhatian saya, karena ia tampaknya memiliki hubungan yang sangat erat dengan burung nya, burung itu, seperti yang kita dapat lihat hendak memiliki laga terakhirnya.

Pada akhir hari saya cukup yakin bahwa tidak semua sabung ayam di Bali dilakukan karena alasan agama. Tapi meskipun ini merupakan kegiatan yang tampaknya agak barbar untuk banyak dari kita, tidak ada yang menyangkal bahwa itu adalah bagian integral dari “cara hidup orang Bali”.

Leave a Reply

